11 Februari 2019

RUMUS AMBIL NADA LAGU - CORD LAGU

Setiap Pemusik Gereja  pasti diperhadapkan pada Worship Leader/Pemimpin Pujian yang menyodorkan Lagu pilihannya, kadang WL memilih lagu tersebut langsung dari link youtube, sportify dll, dengan ekspektasi tinggi sama seperti contohnya.

Persoalan 1....

Ketika Pemusik mempelajarinya lagu tersebut tidak bisa diterapkan ke Yang bersangkutan (ybs) artinya  nada dasarnya ketinggian/kerendahan jika sama persis dengan contoh link.

Sebagai contoh WL mengambil lagu dari penyanyi Sidney Mohede  yang memiliki karakter suara +2 (plus dua artinya lebih tinggi dua cord dari suara orang pada umumnya) misal untuk  lagu 1=C maka, orang yang cenderung karakter suaranya lebih tinggi, dia akan ambil nada 1=D sampai E baru dia merasa nyaman.

atau mengambil lagu  dari Sari Simorangkir, karakter suara -2 (min dua artinya lebih rendah dua cord dari orang pada umumnya)

"Ini sering jadi dilema bagi WL... "lho kok kerendahan, atau lho kok ketinggian"

Persoalan 2......

Ketika ada Pengkotbah, Pembicara diakhir acara/kotbah tiba-tiba meminta diiringi music dengan menyebut judul lagu tanpa ada koordinasi sebelumnya, sehingga yang tidak ngerti rumusnya akan kebingungan harus memulai dengan nada dasar apa....

Solusi.....

Harus ingat lagunya, terutama bagian tertingginya, lagu tersebut nada tertinggi (biasanya reff) misalnya ada di nada 1 (DO) 

Contoh lagu Indah rencanaMU Tuhan. maka cord yang bisa diambil = antara C kalau mau ditambah 1=D atau dikurangi 1=B (kecuali suara khusus seperti Sidney Mohede, bisa E atau F

Kalau nada tertinggi 1=C max D kalo mau  turun max  B atau Bes(tranpuse) gk dosa, hehe... Kalau A (bs tp mungkin tertentu saja, lagu tsb spesial bait rendah dan reff tinggi)


Kalau nada tertinggi 2 (re)   =D
Kalau nada tertinggi 3 (mi)  =A
Kalau nada tertinggi 4 (fa)   =Fmax G
Kalau nada tertinggi 5 (sol) =Gmax A
Kalau nada tertinggi 6 (la)   =D max F
Nada tertinggi 7 (sejauh ini lagu tsb blm ada hehe...)

Maaf ini pengalaman pribadi, bisa saja saya salah,atau mungkin ada yang lebih simple dari rumus ini, namun sejauh ini rumus tersebut selalu saya gunakan, 95% berhasil.(admin)

avatar
Admin LIRIK LAGU KRISTIANI Online
Welcome to LIRIK LAGU KRISTIANI theme
Chat with WhatsApp